Tautan-tautan Akses

Wartawan Diserang, BBC Minta Gedung Putih Kaji Keamanan


Presiden Donald Trump berbicara dalam rapat umum di El Paso, Texas, 11 Februari 2019.
Presiden Donald Trump berbicara dalam rapat umum di El Paso, Texas, 11 Februari 2019.

British Broadcasting Corporation (BBC) meminta Gedung Putih meninjau ulang pengamanan setelah seorang juru kamera media Inggris itu diserang pada rapat umum Presiden Donald Trump pada Senin (11/2) malam di El Paso, Texas.

Juru kamera Ron Skeans tidak mengalami cedera ketika seorang pendukung Trump yang mengenakan topi bertuliskan ‘Make America Great Again’ melompat ke pentas dan mendorongnya. Reporter BBC, Gary O’Donoghue, mengatakan orang tersebut mencoba membanting kamera sebelum dapat dikuasai.

Pelaku juga terdengar mengucapkan kata-kata tak senonoh pada reporter dan awak televisi sebelum seorang pendukung Trump lainnya menarik pria itu.

Presiden Trump berhenti sejenak dan bertanya apakah baik-baik saja, lalu meneruskan pidatonya tentang membangun tembok dan berbicara tentang ‘media yang tidak jujur’.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan Selasa (12/2) bahwa “Presiden Trump mengutuk semua tindak kekerasan terhadap individu atau kelompok orang termasuk anggota pers. Kami minta semua yang menghadiri suatu acara agar tetap bersikap tenteram dan hormat”.

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan wartawan jangan sampai pernah diserang dalam melaksanakan tugas mereka.

Sejak masih berkampanye Trump sudah menjadikan media sasaran penghinaan. Ia mencaci-maki wartawan sewaktu konferensi pers, menuduh jaringan televisi berbohong, dan terus-menerus mencap harian New York Times sebagai ‘gagal dan pengecut’. [al]

XS
SM
MD
LG