Tautan-tautan Akses

Wartawan AS yang Dipenjara di Rusia Diperkenankan Bertemu Pengacara


Wartawan The Wall Street Journal, Evan Gershkovich, yang dipenjara oleh Rusia di Moskow (foto: dok).
Wartawan The Wall Street Journal, Evan Gershkovich, yang dipenjara oleh Rusia di Moskow (foto: dok).

Pejabat-pejabat senior Amerika hari Rabu (5/4) mengatakan sedang menekan Rusia untuk segera membebaskan wartawan Amerika, Evan Gershkovich, yang dipenjara di Moskow.

Duta Besar Amerika Untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan kepada wartawan, ia telah berbicara dengan mitranya, Duta Besar Rusia Untuk PBB Vassily Nebenzia tentang kasus itu, dan menyampaikan “tuntutan kuat agar Gershkovich segera dibebaskan.”

Ditambahkannya, “penahanan ini benar-benar di luar batas, menggunakan seorang wartawan yang telah terakreditasi di Rusia dan menuduhnya melakukan tindakan yang mereka tuduhkan.”

Pihak berwenang Rusia menahan Gershkovich pada 29 Maret lalu, menuduh wartawan Wall Street Journal itu melakukan tindakan spionase.

Gershkovich diizinkan bertemu dengan pengacaranya Selasa lalu (4/4), yang pertama sejak ia ditangkap.

Pemimpin redaksi Wall Street Journal Emma Jane Tucker mengkonfirmasi pertemuan itu dalam sebuah pesan kepada para staf hari Selasa. “Kesehatan Evan baik dan ia berterima kasih atas curahan dukungan dari seluruh belahan dunia,” ujar Tucker dalam pesan yang dilihat kantor berita Reuters.

Tucker mengatakan Wall Street Journal berbesar hati dengan pertemuan itu.

Rusia menuduh Gershkovich melakukan spionease, tuduhan yang berpotensi membuatnya dijatuhi hukuman penjara hingga 20 tahun.

Wall Street Journal membantah tuduhan itu, dan mengatakan Gershkovich telah mengajukan banding terhadap penangkapannya.

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken hari Rabu (5/4) mengatakan kepada wartawan bahwa “tidak ada keraguan dalam dirinya” bahwa Gershkovich telah ditahan secara tidak sah. Dalam konferensi pers di markas NATO di Brussel, blinken mengatakan Amerika “bekerja dengan cepat dan hati-hati” untuk membebaskannya. Blinken mengangkat kasus penahanan Gershkovich ini dalam pembicaraan melalui telfon dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov hari Minggu (2/4).

The National Press Club di Washington DC menyatakan lega bahwa Gershkovich telah bertemu dengan pengacaranya.

Hingga hari Selasa lalu, “satu-satunya perwakilan hukum yang diberikan untuk Gershkovich berasal dari pengacara pemerintah Rusia,” ujar Presiden NPC Eileen O’Reilly dan Kepala National Press Club Journalism Institute Gil Klein. [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG