Tautan-tautan Akses

Dicurigai Sebagai Mata-Mata, Wartawan Wall Street Journal Ditahan Rusia


Mobil melewati gedung Dinas Keamanan Federal (FSB, penerus KGB Soviet) di Lapangan Lubyanskaya di Moskow, Rusia, Senin, 24 Juli 2017. (AP, File)
Gambar
Mobil melewati gedung Dinas Keamanan Federal (FSB, penerus KGB Soviet) di Lapangan Lubyanskaya di Moskow, Rusia, Senin, 24 Juli 2017. (AP, File) Gambar

Dinas keamanan Rusia FSB, Kamis (30/3) mengatakan bahwa seorang reporter yang bekerja untuk harian AS The Wall Street Journal, Evan Gershkovich, telah ditahan di Yekaterinburg, kota di kawasan Ural. Ia ditahan karena dicurigai melakukan spionase, kata kantor berita Interfax.

Reporter surat kabar AS The Wall Street Journal, Evan Gershkovich dalam foto yang diperoleh Reuters, di Moskow, Rusia Desember 2021.
Reporter surat kabar AS The Wall Street Journal, Evan Gershkovich dalam foto yang diperoleh Reuters, di Moskow, Rusia Desember 2021.

Dalam pernyataan yang dikutip Interfax, FSB mengatakan telah “menghentikan aktivitas ilegal warga negara AS Gershkovich Evan, kelahiran tahun 1991, koresponden surat kabar Amerika The Wall Street Journal biro Moskow, terakreditasi di Kementerian Luar Negeri Rusia, yang dicurigai melakukan kegiatan mata-mata untuk kepentingan pemerintah Amerika.”

Belum ada komentar langsung dari surat kabar tersebut.
Pernyataan itu menyebutkan bahwa Gershkovich telah ditugaskan “oleh pihak Amerika” untuk mengumpulkan informasi mengenai “aktivitas salah satu perusahaan di kompleks pertahanan militer.”
Pernyataan itu tidak menyertakan bukti apa pun. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG