Tautan-tautan Akses

Warga Swedia Perolok-olok Trump


Presiden Donald Trump mengangkat tangan sambil mengepalkannya di depan para pendukungnya di akhir kampanye rapat besar hari Sabtu, 18 Februari 2017, di Melbourne, Florida. (foto: AP Photo/Chris O'Meara)

Rakyat Swedia termangu-mangu oleh apa yang dimaksud oleh Presiden Donald Trump lewat pernyataannya tentang serangan teroris di negara itu.

Apakah ada serangan teroris di Swedia Jum’at malam? Tidak ada. Tetapi Presiden Amerika Donald Trump tampaknya menunjukkan ada, membikin rakyat Swedia termangu-mangu oleh apa yang dimaksud oleh pemimpin baru Amerika lewat pernyataannya itu.

Dalam rapat kampanye di Florida hari Sabtu, Trump merujuk serangan teroris yang terjadi di Eropa punya kaitan dengan migrasi perbatasan terbuka dengan mengatakan “lihat apa yang terjadi di Jerman. Lihat apa yang terjadi di Swedia malam tadi. Swedia, siapa yang percaya itu.” Namun ia tidak merinci ucapannya.

Ucapannya itu membuat orang di Swedia mengolok-olokkannya. Dan hari Minggu Kedutaan Swedia di Washington meminta klarifikasi dari Departemen Luar Negeri Amerika apa yang dimaksud Trump dengan ucapannya tersebut. [al]

XS
SM
MD
LG