Tautan-tautan Akses

Warga Negara AS Dikenai Dakwaan Terorisme di Venezuela


Seseorang memegang paspor AS, 29 Juli 2010. (Foto: AP)
Seseorang memegang paspor AS, 29 Juli 2010. (Foto: AP)

Venezuela mendakwa seorang warga negara AS, yang baru-baru ini ditangkap, dengan tuduhan terorisme dan perdagangan senjata.

Ketua tim jaksa penuntut Tarek Saab mengatakan Matthew John Heath, yang ditangkap di Venezuela pekan lalu, merencanakan serangan terhadap industri minyak dan sistem kelistrikan Venezuela.

Saab mengatakan Heath bepergian dengan kendaraan dan membawa sebuah “koin” yang diduga menghubungkannya dengan Dinas Intelijen Pusat AS (CIA), tetapi ia tidak memberi rincian apapun.

Saab juga mengatakan tiga warga negara Venezuela yang ditahan bersama dengan Heath, termasuk seorang anggota militer, dikenai dakwaan pengkhianatan sehubungan dengan tuduhan rencana itu.

Departemen Luar Negeri AS tidak segera memberikan pernyataan setelah dakwaan diumumkan hari Senin (14/9).

Kasus Heath pertama kali diungkapkan pekan lalu oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro, yang ketika itu menyatakan, seorang warga negara AS yang tidak disebutkan namanya telah ditangkap sewaktu diduga sedang memata-matai kilang-kilang minyak Amuay dan Cardon di negara bagian Falcon, dan membawa “senjata khusus” serta sejumlah besar uang tunai. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG