Tautan-tautan Akses

Iran Eksekusi Lelaki Yang Divonis Bersalah Menjadi Mata-Mata CIA


Menara telekomunikasi Milad dan bangunan di pusat kota Teheran, Iran, 31 Maret 2020. (Foto: dok).

Iran telah mengeksekusi mantan pegawai kementerian pertahanan yang divonis bersalah menjual informasi ke Badan Intelijen Pusat AS (CIA), sebut pengadilan Iran, Selasa (14/7).

Reza Asgari.
Reza Asgari.

Seorang juru bicara pengadilan mengatakan Reza Asgari dieksekusi pekan lalu karena menjual informasi mengenai program misil Iran kepada CIA. Iran menyatakan Asgari menjual informasi itu dalam tahun-tahun terakhirnya bekerja di kementerian pertahanan dan pensiun pada tahun 2016.

Iran mengeksekusi satu orang tertuduh mata-mata lainnya bulan lalu. Menurut para pejabat, Jalal Hajizavar mengaku di pengadilan bahwa CIA membayarnya untuk menjadi mata-mata. Pengadilan menyatakan perangkat spionase disita dari rumah Hajizavar, yang juga bekerja di kementerian pertahanan. Menurut pengadilan, istri Hajizavar dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena turut serta dalam kegiatan spionase itu.

Pengadilan juga menyatakan Mahmoud Mousavi-Majd, yang dituduh menjadi mata-mata untuk AS dan Israel, termasuk di antara mereka yang akan dihukum mati. Iran menyatakan tahun lalu telah menangkap 17 mata-mata yang dituduhnya bekerja untuk CIA. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG