Tautan-tautan Akses

Warga Meksiko Antre Panjang untuk Dapatkan Tabung Oksigen 


Warga Meksiko haris antre berjam-jam untuk mendapatkan pasokan oksigen bagi keluarganya yang menderita Covid-19, seperti tampak di di Mexico City (foto: dok).

Pada malam Tahun Baru yang tidak biasa, yang ditandai dengan alun-alun yang kosong dan nyaris tidak ada perayaan, sebagian penduduk Mexico City menghabiskan Malam Tahun Baru dengan antre untuk mengisi ulang tabung oksigen bagi kerabat yang mengidap COVID-19.

Orang-orang di kota itu takut pergi ke rumah sakit karena tahu rumah sakit sudah kewalahan menangani pasien COVID-19. Jadi, mereka mengatasi sendiri situasi dengan mendapatkan pasokan oksigen.

Pada Hari Tahun Baru, puluhan orang antre dan membawa tangki oksigen kosong di salah satu wilayah yang paling terimbas di Mexico City. Mereka memanfaatkan tawaran pemerintah kota untuk mengisi ulang oksigen secara gratis. Permintaan oksigen, sementara virus menyebar ke seluruh kota dengan 9 juta penduduk, itu mendorong harga naik dan antrean panjang.

Mexico City mengalami lonjakan infeksi virus corona. Rumah sakit kota itu terisi 87%, sehingga pasokan oksigen terbatas. Itu mengakibatkan antrean panjang dan harga naik sehingga sebagian orang tidak mampu mendapatkan atau mengisi ulang tangki yang, dalam beberapa kasus, hanya bertahan beberapa jam.

Pejabat kota tidak berbuat banyak untuk mengatasi kenaikan harga, tetapi telah menutup pasar gelap di mana produsen oksigen tingkat industri menjual tabung untuk keperluan medis.

Oksigen untuk industri tidak semurni oksigen untuk keperluan medis.[ka/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG