Tautan-tautan Akses

Warga Lakukan Langkah Ekstra Agar Kebagian Tes Virus Corona di Brazil


Seorang petugas melakukan tes Covid-19 dengan sistem drive-thru untuk para pengemudi taksi di Sambadrome, Rio de Janeiro, Brazil, 26 Juni 2020. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Seorang petugas melakukan tes Covid-19 dengan sistem drive-thru untuk para pengemudi taksi di Sambadrome, Rio de Janeiro, Brazil, 26 Juni 2020. (REUTERS/Ricardo Moraes)

Sebagian warga di negara bagian Sao Paulo, daerah yang menjadi hot spot wabah virus corona di Brazil, mengambil langkah-langkah luar biasa untuk mendapatkan tes corona gratis. Sao Paulo adalah daerah yang paling terpukul oleh wabah itu di Brazil.

Sehari setelah gagal menjalani tes virus corona karena persediaan perangkat tes habis, Manuela Souza mengatakan, ia mengamankan posisinya dalam antrean dan tidur di mobil dengan anak-anaknya pada malam sebelumnya untuk memastikan ia dapat melakukan tes virus corona.

Tes-tes yang dilakukan dengan cara tanpa turun dari mobil itu dikelola oleh Butantan Institute for Biological Research.

Juliana Carvalhal, manajer proyek di Butantan Institute mengatakan, tujuan tes itu adalah mengidentifikasi orang-orang tanpa gejala yang menjadi pembawa virus corona. Ia mengatakan, orang-orang yang tidak tahu bahwa mereka terjangkit terus bersosialisasi dan berpotensi menulari orang lain. Brazil ingin menguji hingga 400 orang per hari di Sao Paulo hingga Senin mendatang.

Negara bagian Sao Paulo telah mengukuhkan 585 ribu kasus dan lebih dari 24 ribu kematian akibat COVID-19. Dengan lebih dari 2,86 juta kasus dan lebih dari 97.400 kematian, Brazil berada di tempat teratas di Amerika Selatan dalam kedua kategori itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG