Tautan-tautan Akses

Pekerja Layanan Kesehatan Brazil Serukan Presiden Bolsonaro Diinvestigasi


Presiden Brazil, Jair Bolsonaro memberikan keterangan kepada media di Brasilia, Brazil, 7 Juli 2020. (Foto: dok).

Pekerja di sektor layanan kesehatan Brazil mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional untuk menyelidiki pemerintah Presiden Jair Bolsonaro terkait kejahatan terhadap kemanusiaan karena caranya menangani pandemi virus corona di negara itu.

Pengaduan yang memuat pernyataan-pernyataan bukti dari berbagai serikat pekerja yang mewakili lebih dari satu juta pekerja layanan kesehatan telah diajukan ke mahkamah yang berbasis di Den Haag itu.

Serikat pekerja menuduh pemerintahan Bolsonaro bersikap “melakukan kejahatan berupa kelalaian dalam menangani wabah Covid-19, membahayakan hidup para profesional di bidang layanan kesehatan dan masyarakat umum.”

Bolsonaro telah berselisih dengan banyak gubernur di negaranya, menentang berbagai pembatasan untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk perintah untuk tinggal di rumah.

Bolsonaro, yang baru saja dites negatif dari virus corona setelah terinfeksi virus itu selama hampir tiga pekan, telah berulang kali mengatakan, pembatasan itu merugikan ekonomi negara.

Brazil memiliki catatan kasus Covid-19 terbanyak di Amerika Selatan, dengan lebih dari 2,4 juta kasus dan lebih dari 87 ribu kematian. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG