Tautan-tautan Akses

Warga Hong Kong Berkabung atas Wafatnya Mantan Presiden China Jiang Zemin


Siaran langsung upacara peringatan mantan pemimpin China Jiang Zemin terlihat di layar TV di Hong Kong, 6 Desember 2022. (Foto: REUTERS/Tyrone Siu)

Beberapa ratus warga Hong Kong berkumpul di sebuah pusat komunitas lokal pada Selasa (6/12) untuk mengheningkan cipta selama tiga menit, sementara upacara peringatan kenegaraan untuk mantan presiden China Jiang Zemin dimulai di Balai Rakyat Agung di Beijing.

Dua puluh satu pusat komunitas di kota itu menayangkan siaran langsung acara Jiang untuk disaksikan oleh warga Hong Kong.

Pemimpin Hong Kong John Lee dan para pejabat tinggi, semuanya mengenakan baju warna gelap dan masker putih, berkabung bersama di kantor-kantor pemerintah.

Warga Hong Kong meletakkan bunga tanda berbelasungkawa atas wafatnya mantan presiden China Jiang Zemin di Hong Kong, Selasa, 6 Desember 2022. (Foto: AP)
Warga Hong Kong meletakkan bunga tanda berbelasungkawa atas wafatnya mantan presiden China Jiang Zemin di Hong Kong, Selasa, 6 Desember 2022. (Foto: AP)

Bursa Efek Hong Kong menangguhkan tampilan data perdagangan di layar eksternal di gedungnya. Bursa saham Hong Kong tidak mengikuti bursa di China daratan yang menghentikan perdagangan.

Bendera nasional China dan Hong Kong di gedung-gedung pemerintah dan sekolah-sekolah dikibarkan setengah tiang.

Sebagian besar pekerja dan bisnis swasta di kota itu melanjutkan operasi seperti biasa tanpa pengaturan khusus.

Jiang meninggal karena leukemia dan beberapa gagal organ pada 30 November lalu pada usia 96 di Shanghai, kata media pemerintah China. [uh/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG