Tautan-tautan Akses

AS

Warga Hawaii Dikejutkan Alarm Palsu Serangan Misil


Gambar unggahan alarm peringatan palsu serangan misil di Hawaii dari sebuah akun Twitter, 13 Januari 2018.

Badan Penanganan Keadaan Darurat Hawaii, Sabtu (14/1), salah mengirim peringatan serangan misil yang memicu kepanikan warga setempat dan memicu kecaman terhadap sistem peringatan darurat negara bagian itu.

Tidak lama setelah pukul 8 pagi waktu setempat, warga Hawaii mengunggah ke media sosial peringatan serangan misil yang diterima melalui ponsel, yang berbunyi, “MISIL BALISTIK MELUNCUR KE HAWAII. SEGERA BERLINDUNG. INI BUKAN LATIHAN.”

Dua puluh menit kemudian, Badan Penanganan Keadaan Darurat Hawaii melalui Twitter mengatakan tidak ada ancaman misil. Badan itu juga mengirim email untuk meralat kesalahan tadi. Tetapi ralat baru dikirim 38 menit setelah peringatan dikeluarkan, yang membuat marah para pejabat dan warga.

Gubernur Hawaii David Ige mengatakan insiden salah kirim peringatan serangan misil pada Sabtu itu disebabkan kesalahan manusia.

Ige mengatakan kepada CNN, "insiden terjadi akibat kesalahan prosedur standar pada saat pergantian giliran kerja dan seorang karyawan salah memencet tombol."

Beberapa pekan yang lalu Hawaii memberlakukan kembali sistem peringatan dari masa Perang Dunia 2, di tengah kecemasan mengenai kemungkinan serangan nuklir oleh Korea Utara. [ds/fw]

XS
SM
MD
LG