Tautan-tautan Akses

Warga Asia Rayakan Tahun Baru Imlek


Warga China membakar dupa dan berdoa untuk keberuntungan di Kuil Yonghegong Lama pada hari pertama tahun baru ayam jantan di Beijing, Cina, 28 Januari 2017. (REUTERS/Damir Sagolj).

Banyak orang di seluruh kawasan Asia Pasifik mulai merayakan tahun baru Imlek, Sabtu (28/1), tahun ayam jantan.

Di China, ribuan orang berkumpul di vihara-vihara Beijing untuk membakar dupa dan menundukkan kepala ketika mereka berdoa untuk rezeki dan kesehatan yang baik.

Sebagian penduduk Beijing ziarah ke Taman Badachu untuk membunyikan lonceng, tradisi yang sudah dilakukan sejak Dinasti Ming yang berkuasa selama lebih 200 tahun mulai abad ke-14.

Di provinsi Jilin, China timur laut, orang menyambut tahun baru itu dengan Yangko, satu tarian rakyat.

Di Taipei, orang berdoa untuk rezeki baik dan kemakmuran di vihara Longshan yang bersejarah.

Di Injingak, Korea Selatan, tahun baru Imlek adalah waktu untuk mengenang anggota keluarga yang terpisah dari keluarga mereka puluhan tahun yang lalu. Menurut tradisi, putra sulung memberi persembahan kue beras, buah dan ikan yang ditempatkan di satu altar.

Pada peringatan tahun baru di tepi Sungai Imjin yang beku, banyak pria lanjut usia memberi persembahan. Sebagian bercucuran air mata mengenang anggota keluarga yang hilang ketika semenanjung Korea dibagi dua menjadi Utara dan Selatan. [gp]

XS
SM
MD
LG