Tautan-tautan Akses

Warga Afghanistan Protes Pembatasan Pasokan BBM dari Iran


Warga Afghanistan melakukan protes sambil meneriakkan slogan-slogan anti Iran atas pembatasan pengiriman BBM oleh Iran.
Warga Afghanistan melakukan protes sambil meneriakkan slogan-slogan anti Iran atas pembatasan pengiriman BBM oleh Iran.

Demonstran berpawai ke konsulat Iran di kota Herat hari Minggu sambil membawa spanduk-spanduk bertuliskan slogan anti-Iran.

Ratusan warga Afghanistan melancarkan demonstrasi anti-Iran di kota Herat di Afghanistan barat untuk memprotes pembatasan pengiriman bahan bakar Iran ke Afghanistan.

Pedagang Afghan dan demonstran lainnya berpawai ke konsulat Iran di kota Herat hari Minggu sambil membawa spanduk-spanduk yang bertuliskan slogan anti-Iran. Demonstrasi serupa diadakan di Kabul minggu lalu, sehingga pemerintah Iran sempat menyampaikan keluhan resmi kepada Afghanistan.

Iran sejak bulan lalu telah membatasi pengiriman bahan bakar ke Afghanistan, sehingga hampir 2.000 mobil tanki terdampar di perbatasan Iran. Iran hanya mengizinkan 40 mobil tanki lewat perbatasan ke Afghanistan tiap hari.

Iran, kata pejabat Afghanistan, khawatir bahan bakar itu akan digunakan untuk mensuplai pasukan NATO yang sedang berjuang melawan Taliban di Afghanistan. Pemerintah di Kabul mengatakan bahan bakar itu hanya untuk warga sipil, dan NATO mengatakan tidak menggunakan bahan bakar yang datang dari Iran.

XS
SM
MD
LG