Tautan-tautan Akses

Wapres AS Serukan Dukungan untuk Oposisi Venezuela


Wakil Presiden AS Mike Pence berbicara kepada media di Gedung Putih di Washington, 9 Januari 2019.

Wakil Presiden Amerika Mike Pence, Selasa (22/1), merilis pesan video untuk mendukung rakyat Venezuela yang akan mengadakan demonstrasi besar pada Rabu (23/1), untuk menentang pemerintahan Presiden Nicolas Maduro.

Pesan Pence itu mendukung tokoh oposisi yang menentang Maduro dan pemerintahannya yang beraliran kiri.

Demonstrasi di seluruh negara itu diserukan oleh Dewan Nasional Venezuela yang dikuasai kelompok oposisi, yang menurut Maduro tidak sah.

Kata Wakil Presiden Pence dalam pesan video yang diucapkannya dalam bahasa Inggris dan kadang-kadang dicampur dengan kalimat-kalimat berbahasa Spanyol. “Kami mendukung kalian,” katanya. “Kami akan terus berada disamping kalian sampai demokrasi dipulihkan dan kalian mendapat kembali kebebasan.”

Pence menyebut tokoh oposisi Juan Guaido, ketua DPR, sebagai “tokoh yang berani.” Kata Pence lagi, Dewan Nasional itu adalah benteng terakhir bagi demokrasi di Venezuela.

Pada Senin (21/1), Kementerian Pertahanan Venezuela mengatakan pasukan keamanan telah menangkap 27 orang pasukan Garda Nasional karena mereka dituduh berontak melawan pemerintahan Presiden Maduro. Sekelompok anggota Garda Nasional sebelumnya memasang video dalam media sosial, dan menyerukan pada semua orang yang melihat video itu untuk membantu mereka menggulingkan pemerintahan Maduro. [ii]

XS
SM
MD
LG