Tautan-tautan Akses

Walker akan Tandatangani $3 Miliar Paket Insentif untuk Foxconn


Seorang pekerja mengintip dari balik logo Foxconn di pintu masuk kompleks Foxconn di Shenzen, China, 27 Mei 2010. (Foto:dok)

Gubernur Wisconsin, Scott Walker akan menandatangani persetujuan pemberian paket insentif bernilai 3 miliar dolar untuk perusahaan elektronik raksasa, Foxconn Technology Group.

Walker mengumumkan hari Minggu (17/9) ia akan menandatangani kesepakatan pemberian subsidi itu hari Senin (18/9) di Gateway Technical College, dekat Racine. Perusahaan yang berkantor di Taiwan itu berencana membangun pabrik layar komputer yang besar, yang bisa mempekerjakan ribuan orang di tenggara Wisconsin.

Paket insentif ini adalah yang terbesar dalam sejarah AS yang ditawarkan kepada perusahaan asing. Ini 10 kali lebih besar daripada insentif negara bagian sebelumnya di Wisconsin.

Foxconn akan mendapat pembayaran tunai 2.85 miliar dolar selama 15 tahun jika menginvestasikan 10 miliar dolar untuk proyek ini dan memperkerjakan 13.000 orang. Perusahaan ini juga bisa mendapatkan pembebasan pajak penjualan senilai 150 juta dolar untuk peralatan konstruksi.

Paket tersebut mendapat persetujuan bipartisan dalam DPR lokal, namun para kritikus mengatakan, Wisconsin menawarkan terlalu banyak tanpa jaminan yang cukup jika Foxconn tidak menindaklanjutinya. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG