Tautan-tautan Akses

Walikota New York Berencana Pindahkan Industri Garmen ke Brooklyn


Brooklyn Bridge yang menghubungkan kawasan Manhattan dengan Brooklyn di New York City (foto: ilustrasi).

Walikota New York Bill de Blasio berencana memberi industri garmen tempat yang murah untuk berkembang. Ia membujuk mereka yang bergerak dalam bidang itu pindah dari distrik garmen di Manhattan ke kawasan pergudangan milik kota yang lebih murah di Brooklyn. Sebagai bagian dari rencananya, kota akan mengakhiri undang-undang tata kota tahun 1987 yang melindungi penggunaan ruang untuk manufaktur dan ruang kantor terbatas di distrik tersebut.

Pembuat, perancang, dan penjual pakaian di Manhattan tidak setuju. Menurut mereka, lokasi yang saling berdekatan membuat bisnis pakaian jadi tumbuh. Tanpa itu, kata mereka, tidak akan ada New York Fashion Week, yang menyuntikkan 900 juta dolar ke ekonomi kota itu dua kali setahun.

Distrik garmen New York dulu adalah jantung industri kota itu, memproduksi sekitar 90 persen pakaian jadi di Amerika pada tahun 1950an. Kini, produksinya kurang dari 1 persen, karena tenaga kerja di luar negeri yang lebih murah dan kenaikan biaya sewa memaksa banyak pabrik tutup.

Jumlah buruh garmen kini turun menjadi sekitar 16 ribu dari jumlah tertinggi 335 ribu. Meskipun begitu, industri fashion tetap menjadi bagian penting ekonomi New York, mempekerjakan lebih dari 180 ribu orang, mulai dari ritel, periklanan, sampai desain.

Industri itu menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar dalam pendapatan pajak, menurut Economic Development Corp. kota New York, badan semi-pemerintah yang mempromosikan perpindahan industri itu ke Brooklyn.

Sekitar 100 perusahaan sudah beroperasi di kawasan Sunset Park di Brooklyn, di mana Blasio ingin menginvestasikan 236 juta dolar untuk merenovasi dan membuka kawasan industri seluas lebih dari 65 ribu meter persegi dalam dua bangunan, dengan harga sewa lebih murah dibandingkan di Manhattan untuk masa lima sampai 10 tahun. De Blasio juga menyediakan tambahan 51 juta dolar dalam beberapa tahun untuk pelatihan kerja dan bantuan relokasi.

Walaupun Brooklyn sudah menarik produsen yang sukses dalam bisnis pakaian renang, seragam militer atau pakaian lain yang diproduksi secara massal, tidak ada pekerjaan yang menuntut keterampilan tinggi dalam menjahit dan memotong, ciri khas bisnis di Distrik Mode Manhattan, ujar Ann Hould-Ward, perancang kostum Broadway dan opera.

Edgar Romney, sekretaris dan bendahara Serikat Buruh SEIU, yang mewakili sekitar 800 pekerja garmen, menilai usul Blasio untuk pindah ke Brooklyn akan memperpanjang jarak yang harus ditempuh banyak anggota dan memaksa mereka berjalan jauh ke stasiun-stasiun kereta bawah tanah. [ka/ii]

XS
SM
MD
LG