Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Penindakan Keras atas Kota-kota Perlindungan Imigran


Para demonstran melakukan aksi unjuk rasa pro imigran di luar kantor pengadilan di San Francisco, California (14/4).

Pemerintahan Trump telah meningkatkan upayanya untuk menindak keras apa yang disebut kota-kota perlindungan imigran yang menolak untuk mematuhi pihak berwenang imigrasi federal, mengirim surat kepada sembilan yurisdiksi yang meminta bukti bahwa mereka bekerjasama dalam melakukan penegakan imigrasi.

Departemen Kehakiman Amerika dalam surat hari Jumat mengatakan akan menahan dana bagi penegakan hukum federal kecuali yurisdiksi itu bisa mendokumentasikan kerja sama. Departemen Kehakiman memberikan lebih dari dua miliar dolar setiap tahun kepada komunitas di seluruh Amerika untuk mendukung upaya-upaya anti kejahatan.

Surat itu dikirim kepada negara bagian California, Cook County. Illinois dan kota Chicago, New Orleans, Philadelphia, Las Vegas, Miami, Milwaukee serta New York.

Yurisdiksi itu semuanya mempunyai kebijakan yang membatasi jumlah informasi yang bisa diberikan penegak hukum setempat kepada pihak berwenang imigrasi federal mengenai orang-orang yang ditahan yang berada di Amerika secara ilegal.

Dalam pernyataan hari Jumat, Departemen Kehakiman mengatakan kota-kota “berantakan karena beban imigrasi ilegal dan kejahatan dengan kekerasan” dan menyebut peningkatan dalam pembunuhan di Chicago serta kekerasan geng di kota New York. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG