Tautan-tautan Akses

AS

Wakil Direktur FBI McCabe Dikabarkan akan Pensiun 2018


Wakil Direktur FBI Andrew McCabe berbicara dihadapan Komite Intelijen Senat dalam sidang dengar pendapat di Capitol Hill, di Washington, 7 Juni 2017.

Wakil Direktur FBI Andrew McCabe, fokus kritik Presiden Donald Trump dan Fraksi Republik di Kongres dalam setahun ini, berencana pensiun pada 2018, demikian diberitakan harian the Washington Post, Sabtu (22/12).

McCabe, yang berusia 49 tahun adalah pejabat nomor dua di FBI dan telah bertindak sebagai direktur setelah Trump memecat direktur FBI, James Comey, Mei lalu. Menurut koran itu, McCabe berencana pensiun begitu memenuhi persyaratan untuk pensiun Maret nanti.

Tak lama setelah Washington Post menerbitkan tersebut, Trump mengirim ulang kecaman sebelumnya bahwa istri McCabe, Jill, yang gagal mencalonkan diri sebagai Senat Virginia pada 2015, telah diberi hampir 700 ribu dolar oleh sekutu Hillary Clinton. Hal itu terjadi kala Andrew McCabe terlibat penyelidikan atas Clinton yang menggunakan server email pribadi semasa menjabat menteri luar negeri.

FBI mengatakan McCabe baru mulai mengawasi penyelidikan atas Clinton setelah kampanye Senat istrinya selesai. Menurut Virginia Public Access Project, dua sumbangan besar yang diterima Jill McCabe, berjumlah hampir 700 ribu dolar, berasal dari komisi aksi politik Gubernur Virginia Terry McAuliffe, orang Demokrat dan teman Clinton, dan dari Partai Demokrat Virginia.

Trump, yang sedang berlibur di resornya di Florida, dalam cuitan kedua Sabtu, menulis "Wakil Direktur FBI Andrew McCabe berpacu dengan waktu untuk pensiun dengan tunjangan penuh. 90 hari lagi?!!!"

Juru bicara FBI menolak berkomentar. [ka]

XS
SM
MD
LG