Tautan-tautan Akses

Wahana Pemasok Logistik S.S. John Glenn Tiba di Stasiun Antariksa Internasional


Gambar hasil cuplikan video yang didistribusikan oleh NASA menunjukkan wahana logistik S.S. John Glenn bersiap untuk merapat dengan Stasiun Antariksa Internasional hari Sabtu, 22 April 2017 (NASA via AP)

Stasiun Antariksa Internasional kedatangan wahana pemasok logistik yang menyandang nama John Glenn hari Sabtu.

Sebuah wahana pemasok logistik yang menyandang nama John Glenn tiba di Stasiun Antaraiksa Internasional hari Sabtu.

Para astronot menggunakan lengan robot di stasiun antariksa untuk menarik kapsul, saat wahana tersebut melayang 400 kilometer di atas Jerman.

Perusahaan ekspedisi komersil milik NASA, Orbital ATK, memberi nama wahana angkasa tersebut S.S. John Glenn sebagai penghormatan untuk orang Amerika yang mengorbit bumi. Wahana angkasa tersebut diluncurkan dari Tanjung Canaveral, Florida, hari Selasa dengan muatan seberat hampir 7.700 pound yang terdiri dari bahan makanan, bahan eksperimen, dan barang-barang lainnya.

Glenn tutup usia bulan Desember di usia 95 tahun dan dimakamkan awal bulan ini di Taman Makam Nasional Arlington. Janda Glenn, Annie, memberi izin kepada Orbital ATK untuk menyematkan nama Almarhum pada wahana angkasa Cygnus. Perusahaan ini, malah, mengirimkan beberapa memorabilia untuk keluarga Glenn.

Glenn mencetak sejarah di tahun 1962 ketika ia melayang di orbit dengan wahana Friendship 7, kapsul Mercury berkapasitas satu orang. Ia kembali ke luar angkasa tahun 1998 dengan pesawat ulang-alik Discovery, di usia 77, persis sebelum konstruksi stasiun antariksa internasional tersebut dimulai di orbit.

Komandan stasiun antariksa, Peggy Whitson – yang hari Senin ini akan mencetak rekor waktu akumulasi paling lama di orbit memberitahun Pengendali Misi ketika kapsul tersebut sudah berhasil digabungkan.

“Kami merasa bangga untuk menyambut kehadiran wahana pemasok S.S. John Glenn,” ujar astronot Perancis, Thomas Pesquet, yang mengambil bagian dalam operasi tersebut. Muatan logistik yang dikirimkan “akan dimanfaatkan sebaik-baiknya guna melanjutkan misi penelitian, eksplorasi, dan penemuan kami.”

Whitson dan Pesquet telah tinggal di stasium antariksa sejak bulan November, bersama dengan seorang warga Rusia. Stasiun antariksa tersebut mendapat tambahan awak masing-masing seorang warga Amerika dan Rusia hari Kamis.

Misi ini merupakan perjalanan antariksa Whitson yang ketiga. Awal Senin ini, ia akan melampaui rekor 534 hari, dua jam yang dibuat oleh astronot Jeffrey Williams tahun lalu. Presiden Donald Trump akan menelponnya dari Oval Office untuk menyampaikan selamat.

Sementara itu wahana pemasok S.S. John Glenn, akan tetap berada di orbit hingga bulan Juli, hingga misinya selesai dan dibiarkan hingga hancur sendiri di atmosfir. [ww]

XS
SM
MD
LG