Tautan-tautan Akses

Tiga Astronot dari Stasiun Antariksa Mendarat di Kazakhstan


Petugas darat membuka penutup kapsul pesawat antariksa Soyuz MS-02 yang membawa astronot dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS): Robert Shane Kimbrough (AS), Sergey Ryzhykov dan Andrei Borisenko (Rusia), sesaat setelah mendarat dekat Dzhezkazgan, Kazakhstam, 10 April 2017. (Kirill Kudryavtsev/Pool photo via AP)

Tiga orang astronot dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) telah berhasil mendarat di steppe Kazakhstan, dua orang dari Rusia dan seorang dari Amerika Serikat.

Astronot NASA Shane Kimbrough, kosmonot Rusia Sergei Ryzhikov dan Andrei Borisenko mendarat pukul 5:20 petang waktu setempat hari Senin (10/4), setelah berada 173 hari di antariksa.

Peggy Whitson dari NASA, Oleg Novitsky dari Rusia dan Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa akan mengoperasikan laboratorium antariksa yang mengorbit itu sampai awak lain tiba akhir pekan ini.

Whitson yang berusia 57 tahun, semula dijadwalkan akan pulang ke Bumi bulan Juni, tetapi NASA mengumumkan pekan lalu bahwa dia akan terus berada di stasiun antariksa itu sampai September.

Whitson sudah lebih lama berada di antariksa dibandingkan dengan semua astronot perempuan lainnya dan baru pekan lalu ia mencapai rekor perempuan yang keluar dari stasiun antariksa terbanyak, yaitu delapan kali. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG