Tautan-tautan Akses

Wabah Flu Terus Memburuk di Amerika


Donnie Cardenas (kanan) dibawa ke ruang gawat darurat akibat serangan flu di rumah sakit Palomar di Escondido, California (foto: ilustrasi).

Dalam laporan yang dikeluarkan hari Jumat (9/2), Badan Pengawasan Dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menyatakan wabah influenza memburuk pekan lalu di Amerika dan tidak diketahui kapan akan mencapai puncaknya.

Jumlah orang yang diopname akibat penyakit mirip flu mencapai angka tertinggi sejak CDC mulai memantaunya tahun 2010. Dikatakan bahwa 1 dalam tiap 13 orang yang mendatangi dokter pekan lalu adalah karena gejala flu. Penyakit ini masih merebak di tiap negara bagian kecuali Hawaii dan Oregon.

Penjabat direktur CDC Anne Schuchat menjelaskan kepada wartawan, sampai tanggal 3 Februari dikabarkan 10 anak meninggal akibat flu sehingga jumlah anak-anak yang meninggal dalam musim flu sekarang menjadi 63. CDC tidak memantau berapa orang dewasa yang meninggal akibat flu.

Schuchat mengatakan tidak jelas mengapa wabahnya begitu buruk dan apakah masih akan bertambah buruk.

Jenis virus utama pada musim flu sekarang (H3N2) sangat kuat dan cenderung membuat banyak orang yang diserangnya harus dirawat di rumahsakit dan meninggal dari pada virus flu lainnya. [as/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG