Tautan-tautan Akses

Virus Corona Terus Merebak, Oscar 2021 Ditunda


Patung piala Oscar di Gedung Wilshire May Company, 1 Oktober 2014.

Untuk keempat kalinya dalam sejarah, penyelenggaraan Oscar ditangguhkan.

The Academy of Motion Picture Arts & Sciences dan ABC Television Network, Senin (15/6), mengatakan pelaksanaan acara Academy Awards ke- 93 akan ditangguhkan sampai 25 April 2021, atau delapan minggu setelah tanggal semula karena dampak pandemi virus corona terhadap industri film itu.

The Academy's Board of Governors juga memutuskan untuk memperpanjang batas waktu pengajuan nominasi hingga 28 Februari 2021 untuk film-film feature, dan menangguhkan pembukaan Academy Museum of Motion Pictures dari Desember 2020 menjadi 30 April 2021.

“Harapan kami, dengan memperpanjang masa penjurian dan tanggal pelaksanaan acara ini, akan memberi keleluasaan bagi para pembuat film untuk menyelesaikan dan merilis film-film mereka tanpa dikenai sanksi karena suatu hal yang di atas kendali siapa pun,” ujar Presiden Academy's Board of Governor David Rubin dan Academy CEO Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan bersama.

Karey Burke, Presiden ABC Entertainment, menambahkan “kami mendapati kondisi yang sama sekali belum diketahui dan akan terus bekerjasama dengan mitra-mitra kami untuk memastikan agar pertunjukkan tahun depan aman dan penuh dengan perayaan.”

Acara tahunan Governors Awards juga akan dibatalkan. Acara pemberian penghargaan pada penerima yang diumumkan sebelumnya ini biasanya dilangsungkan di Los Angeles pada minggu kedua November. Acara yang tidak disiarkan oleh televisi ini merupakan pertemuan akbar bagi banyak calon penerima anugerah bergengsi itu.

Penyelenggara Oscar sejak pertengahan Maret lalu telah bergulat mengatasi dampak pandemi virus corona terhadap industri film, di mana seluruh bioskop ditutup dan produksi film serta festival bisnis dibatalkan. Penutupan bioskop membuat tanggal dirilisnya film-film terbaru dan pelaksanaan festival besar seperti Cannes dibatalkan.

Penyelenggara Oscar pada April lalu juga membuat keputusan yang belum pernah diambil sebelumnya, yaitu mengijinkan film-film yang tidak diputar di bioskop untuk tetap dapat memenuhi syarat menerima anugerah Oscar, tetapi hanya untuk satu tahun.

Penghargaan Film Lain Juga Ditangguhkan

Beberapa penghargaan industri film lain juga telah mengambil keputusan serupa. Tony Awards ke-74 yang sedianya dijadwalkan berlangsung pada 7 Juni telah ditangguhkan. Namun Emmy Awards ke-72 akan tetap berlangsung pada 20 September. Sementara Golden Globes ke-78 masih belum menetapkan tanggal pelaksanaan acara. (em/pp)

XS
SM
MD
LG