Tautan-tautan Akses

Virus Corona Terus Merebak di USS Roosevelt


Kapal induk USS Theodore Roosevelt berlabuh di Teluk Manila di sebelah barat Manila, Filipina, 13 April 2018. (Foto: AP)

Jumlah kasus virus corona di kapal induk USS Theodore Roosevelt terus meningkat di Guam. Sementara Menteri Pertahanan mengatakan ia tidak akan mengesampingkan kemungkinan mempekerjakan kembali kapten kapal itu yang dipecat setelah menyimpulkan penyelidikan atas situasi tersebut.

Pejabat Angkatan Laut mengatakan 447 pelaut USS Roosevelt telah dites positif tertular virus corona, yang pada Selasa pagi, lebih 20% dari semua tentara Amerika yang dikukuhkan tertular virus itu di seluruh dunia. Lebih dari 3.100 pelaut telah diturunkan dari kapal.

Kepada sekelompok kecil wartawan, Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Mike Gilday, mengatakan penyelidikan atas masalah USS Roosevelt kini tuntas. Ia mengatakan sudah mulai memeriksa laporan dan akan bertindak sesuai arah penyelidikan.

Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan kepada stasiun TV CBS hari Jumat (10/4), ia telah mengeluarkan panduan bahwa "tidak ada tindakan lebih lanjut akan diambil terhadap Kapten Crozier sampai penyelidikan selesai." [ka/pp]

XS
SM
MD
LG