Tautan-tautan Akses

Virus Corona Kembali Jangkiti Satu Kapal Angkatan Laut Lain


USS Kidd transit bersama kapal induk USS Theodore Roosevelt dalam Latihan Northern Edge 2019 di Teluk Alaska, 16 Mei 2019. (Foto: via Reuters)

Virus corona telah menjangkiti satu kapal Angkatan Laut lainnya, yaitu kapal perusak USS Kidd, di mana 18 awak kapal yang diuji terbukti positif. Kapal itu segera diperintahkan kembali ke pelabuhan.

Pejabat-pejabat Angkatan Laut hari Jumat (25/4) mengatakan kepada VOA masih menjadi misteri bagaimana virus corona yang tidak kasat mata ini menjangkiti kapal perusak yang sudah begitu lama meninggalkan pelabuhan terakhirnya.

USS Kidd meninggalkan pelabuhan Hawaii pada 20 Maret. Lebih dari satu bulan kemudian, awak kapal pertama yang menunjukkan gejala tertular virus corona dievakuasi dan terbukti positif.

Pejabat-pejabat yang berbicara pada VOA itu tidak mengetahui apakah ada helikopter pemasokan kebutuhan yang mendarat di kapal itu sejak meninggalkan pelabuhan Maret lalu. Jika tidak ada, maka wabah virus corona di kapal perusak ini mungkin merupakan bukti bahwa masa inkubasi Covid-19 mungkin lebih lama dari kisaran 2-14 hari yang sebelumnya diyakini.

“Bagaimana kami dapat menjaga agar kapal tetap bersih?” ujar seorang pejabat Angkatan Laut yang mendiskusikan situasi itu.

Wabah virus corona yang terbaru ini terjadi ketika Menteri Pertahanan Mark Esper melangsungkan pertemuan dengan sejumlah pemimpin Angkatan Laut hari Jumat untuk membahas hasil penyelidikan terhadap kapal induk USS Theodore Roosevelt, kapal Angkatan Laut pertama yang mengalami wabah virus corona di laut. [em/pp]

XS
SM
MD
LG