Tautan-tautan Akses

Virus Corona Kacaukan Acara Olahraga di Seluruh Dunia 


Pemkot Tokyo, Jumat (13/3) menangguhkan pembukaan pusat kegiatan akuatik Olimpiade, yang direncanakan berlangsung pada 22 Maret, karena perebakan virus corona. (Foto: ilustrasi).

Pemerintah kota metropolitan Tokyo, Jumat (13/3) mengumumkan akan menangguhkan pembukaan pusat kegiatan akuatik Olimpiade, yang direncanakan berlangsung pada 22 Maret, karena perebakan virus corona.

Menteri Urusan Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto mengatakan Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) tidak mempertimbangkan pembatalan atau penundaan acara Olimpiade Musim Panas Tokyo.

Berbicara pada konferensi pers rutin, Jumat (13/3), Hashimoto mengatakan, terlepas dari saran Presiden AS Donald Trump mengenai penundaan Olimpade selama setahun, IOC dan panitia penyelenggara tidak mempertimbangkan pembatalan atau penundaan sama sekali. Panitia juga terus melakukan persiapan untuk menyelenggarakan pertandingan yang aman dan selamat sesuai rencana menuju hari pembukaan 24 Juli, jelas Hashimoto.

Seorang Juru Bicara Senior Pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, mengatakan, Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Trump berbicara selama sekitar 50 menit hari Jumat (13/3) mengenai pandemi COVID-19 dan isu-isu lainnya, tetapi ia tidak mengukuhkan atau membantah apakah kedua pemimpin membahas pernyataan Trump mengenai Olimpiade. Kedua pihak sepakat untuk terus bekerjasama pada Olimpiade Musim Panas, kata Suga.

Presiden Trump, Kamis (13/3) mengemukakan Olimpiade Musim Panas di Tokyo pada Juli mendatang mungkin sebaiknya diundur satu tahun, meskipun para pejabat Jepang beberapa hari ini telah menolak gagasan itu yang disebut sebagai hal yang tidak perlu.

Maraton Tokyo awal bulan ini dibatasi hanya untuk para pelari elite. Gunung Everest telah ditutup untuk pendakian karena China dan Nepal menghentikan pengeluaran izin mendaki. Nepal juga menutup pendakian di semua gunung di negara itu.

Sementara itu, berbagai acara olahraga di seluruh dunia terimbas signifikan akibat virus maut corona.

Liga sepak bola Jerman mengusulkan pembatalan pertandingan mulai Selasa hingga 2 April mendatang.

Board of Control for Cricket in India (BCCI) telah memutuskan untuk menunda dimulainya 20 turnamen kriket dalam liga utama India hingga 15 April. Turnamen kriket ini dijadwalkan dimulai pada 29 Maret. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG