Tautan-tautan Akses

Vietnam Tangkap Aktivis Demokrasi Amerika


Helen Yarmak Fashion Show
Helen Yarmak Fashion Show

Seorang aktivis pro-demokrasi ditangkap di Vietnam karena merencanakan protes untuk mengacaukan perayaan berakhirnya Perang Vietnam.

Media pemerintah Vietnam mengatakan seorang aktivis pro-demokrasi warga Amerika keturunan Vietnam telah ditangkap dan dituduh melakukan aksi terorisme karena merencanakan protes untuk mengacaukan perayaan memperingati berakhirnya Perang Vietnam tanggal 30 April.

Media pemerintah mengatakan hari Minggu Nguyen Quoc Quan ditangkap tanggal 17 April setelah tiba di bandara Kota Ho Chi Minh.

Quan, yang memiliki gelar doktor dalam matematika dan tinggal di negara bagian California, adalah anggota Partai Viet Tan yang berbasis di Amerika yang dilarang di Vietnam. Situs Internet Viet Tan menjelaskan organisasinya berkomitmen pada perjuangan damai dan tanpa kekerasan bagi transisi demokratis di Vietnam.

Viet Tan mengatakan tuduhan-tuduhan pemerintah komunis Vietnam tentang terorisme terhadap Quan itu sepenuhnya palsu.

Quan pernah ditahan selama enam bulan di Vietnam pada tahun 2007 karena membagi-bagikan bahan yang mempromosikan perlawanan sipil dengan taktik non-kekerasan. Dia dideportasi pada tahun 2008.

Recommended

XS
SM
MD
LG