Tautan-tautan Akses

Vietnam Bina Milisi Nelayan untuk Bela Klaim Maritim Terhadap China


Perahu nelayan berlabuh di pelabuhan Tho Quang, Danang, Vietnam, 26 Maret 2016. (Foto: dok).

Vietnam diam-diam membina satu milisi kapal nelayan yang didukung negara untuk menghadapi China di laut, meskipun kedua pihak telah melakukan pembicaraan resmi untuk meredakan sengketa kedaulatan mereka, kata para pakar yang mengikuti masalah tersebut.

Negara di Asia Tenggara itu mendorong armada nelayan komersialnya untuk menggunakan kapal-kapal yang lebih kuat dan membawa personel yang dilatih militer ke laut untuk berjaga-jaga apabila terjadi bentrokan dengan China, jelas para analis. China memiliki milisi nelayannya sendiri di kawasan perairan yang sama.

Trung Nguyen, dekan Hubungan Internasional di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ho Chi Minh mengemukakan langkah Vietnam itu merupakan kebijakan yang baik untuk menghindari konflik pada masa mendatang di mana milisi nelayan berada di laut dan jika terjadi sejumlah ketegangan.

Pembinaan milisi Vietnam itu berlangsung setidaknya sejak 2009 meskipun kedua negara mengadakan pembicaraan reguler, yang terbaru bahkan berlangsung pekan ini.

Sekjen Partai Komunis Vietnam bertemu dengan menteri luar negeri China yang sedang berkunjung ke negara tersebut hari Senin untuk menyampaikan saran mengenai “pengamanan bersama terhadap perdamaian dan stabilitas maritim,” sebut kantor berita China Xinhua. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG