Tautan-tautan Akses

Video Baru Tunjukan Kondisi Remaja Thailand yang Terjebak di Gua


Para petugas penyelamat membawa bantuan ke kompleks gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai, bagian utara Thailand, 4 Juli 2018.

Tim penyelam dari Angkatan Laut Thailand, Rabu (4/7/2018), merilis sebuah video baru yang menunjukkan para anggota tim sepak bola remaja yang terjebak dalam gua yang banjir selama hampir dua pekan. Sementara itu, tim SAR berusaha mencari cara untuk membawa mereka ke luar gua itu dengan aman.

Video menunjukkan anak-anak itu dan pelatih mereka tampak mengenakan selimut darurat yang diberikan oleh para penyelam berhasil menemukan mereka pekan ini.

Sambil menatap kamera dan menyatukan kedua telapak tangan, para remaja tersebut memperkenalkan diri mereka masing-masing dan menyatakan mereka dalam keadaan selamat. Sebanyak 12 anak laki-laki berusia 11 hingga 16 tahun itu , dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun, ditemukan Senin (2/7/2018), di bagian dalam kompleks gua Tham Luang di bagian utara Provinsi Chiang Rai.

Menteri Dalam Negeri Thailand Anupong Paojinda mengatakan tim penyelamat kemungkinan harus mengajarakan mereka menyelam untuk bisa membawa mereka ke luar gua. Namun hal itu kemungkinan akan sangat sulit dilakukan karena sejumlah anak tidak bisa berenang.

"Proses evakuasi harus dipercepat,“ kata Anupong kepada The Bangkok Post. “Alat-alat selam akan digunakan. Jika permukaan air meningkat, usaha menyelamatkan mereka akan sulit dilakukan. Kami harus membawa ke luar anak-anak tersebut sebelum itu terjadi.”

Namun Gubernur Chaing Rai Narongsak Osatanakorn, mengatakan kepada wartawan, para petugas baru akan bertindak bila mereka 100 persen yakin bisa mengevakusi tim sepak bola itu dengan aman. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG