Tautan-tautan Akses

AS

Veteran Militer dan Mantan Kandidat Anggota Kongres Tantang Ketua Senat AS


Amy McGrath saat berkampanye dalam pemilu anggota Kongres AS di Owingsville, Kentucky tahun lalu (foto: dok).

Mantan pilot tempur angkatan laut Amy McGrath pada hari Selasa (9/7) mengumumkan ia menantang jabatan Mitch McConnell, ketua fraksi mayoritas di Senat AS. McGrath sebelumnya mencalonkan diri dalam pemilihan sela untuk jabatan di DPR tetapi kalah tipis dari petahana, anggota Partai Republik.

Dalam video yang dirilis di Twitter Selasa (9/7), McGrath menuduh "semua yang salah di Washington" akibat ulah McConnell, termasuk tidak adanya tindakan terhadap anggaran, layanan kesehatan, dan Mahkamah Agung.

"... Itu dimulai dari pria ini, yang terpilih sejak lama, dan yang sedikit demi sedikit, tahun demi tahun, mengubah Washington menjadi sesuatu yang kita semua benci," kata McGrath dalam video itu.

"Kalau disfungsi dan kekacauan menjadi senjata politik semua idealisme akan mati," tandasnya.

Upaya pertama Mcgrath untuk meraih jabatan di DPR dilakukan pada tahun 2018, ketika dia menantang Andy Barr, anggota Partai Republik dari Kentucky. Meskipun mengalahkan pengumpulan dana untuk Barr hampir $ 2,7 juta, ia kalah tiga persen dalam perolehan suara dari Barr.

Pada bulan Desember, McGrath yang berusia 44 tahun mengatakan tidak akan mencalonkan diri untuk menjadi gubernur, memicu spekulasi ia mungkin akan mencalonkan diri untuk kursi di Senat dan menantang McConnell, yang berusia 77 tahun.

Tim kampanyenya menyebut McGrath sebagai anggota Partai Demokrat yang moderat dan upayanya sebagai reaksi terhadap "politisi karier."

Tim McConnell merilis video tanggapan hanya 40 menit setelah pengumuman McGrath, mengecam McGarth sebagai pendukung imigrasi, layanan kesehatan tunggal dan aborsi yang terlalu liberal.

Meskipun tingkat popularitasnya di Kentucky hanya 36 %, McConnell mengalahkan penantangnya pada 2014, pejabat urusan luar negeri negara bagian Kentucky, Alison Lundergan Grimes, dengan menang selisih 15 poin.

Presiden AS Donald Trump memenangkan Kentucky lebih dari 30% pada tahun 2016, dan McConnell berperan penting dalam mengimplementasikan beberapa janji kampanye utama Trump, seperti mengukuhkan dua hakim konservatif untuk Mahkamah Agung.

Dua kandidat utama Partai Demokrat lainnya dan seorang anggota Partai Republik juga telah menyatakan menantang McConnell dalam pemilihan 2020. (my/ka)

XS
SM
MD
LG