Tautan-tautan Akses

Pejabat Keuangan Eropa: Mata Uang Digital Tidak Bisa Digunakan untuk Pembayaran


Ilustrasi Bitcoin (mata uang virtual) kertas dengan kode QR dan koin di La Maison du Bitcoin, Paris, Perancis, 27 Mei 2015. (Foto: dok).

Pejabat- pejabat keuangan Eropa menggarisbawahi skeptisme mereka pada mata uang digital seperti bitcoin, dengan mengatakan mata uang semacam itu berisiko bagi para investor dan tidak efisien sebagai cara untuk membayar barang-barang yang dibeli.

Salah seorang pejabat moneter tertinggi, Jens Weidmann, mengatakan dalam pidatonya Rabu bahwa mata uang digital seperti bitcoin tidak cocok untuk pembayaran karena fluktuasi nilainya begitu cepat. Dia menambahkan tidak ada yang bisa menggantikan mata uang konvensional yang dijamin oleh bank- bank sentral seperti European Central Bank, atau Bank Sentral Eropa.

Weidmann adalah kepala bank sentral nasional Jerman dan juga anggota dewan pimpinan Bank Sentral Eropa, yang mengeluarkan mata uang euro di zona-euro.

Dia mengatakan “untuk sistem moneter dan keuangan yang stabil, kita tidak memerlukan mata-uang virtual tetapi justru yang diperlukan adalah bank-bank sentral yang berkewajiban untuk menjaga stabilitas harga dan peraturan perbankan yang efektif, dan kita memiliki kedua hal itu di zona euro.”

Weidman berpendapat bank-bank sentral tidak perlu sendiri-sendiri mengeluarkan mata uang semacam itu, yang menurut dia bisa meningkatkan risiko sejumlah besar nasabah serempak menarik keluar deposito mereka dari suatu bank atau lembaga keuangan karena khawatir bank itu akan bangkrut,

Komentar Weidmann itu menyusul serangkaian pernyataan dari pejabat-pejabat tinggi Eropa yang memperingatkan bank-bank dan para konsumen supaya berhati-hati tentang mata uang virtual tersebut.

Ketiga otoritas Eropa itu yang mengawasi perbankan, sekuritas, asuransi dan dana pensiun telah memperingatkan para konsumen mengenai risiko membeli mata uang semacam itu yang menurut mereka 'berisiko tinggi dan produk-produk tanpa peraturan serta tidak cocok untuk produk-produk investasi, tabungan atau pensiun.” [mg/is]

XS
SM
MD
LG