Tautan-tautan Akses

Vatikan Rilis Pedoman Penanganan Pelecehan Seksual


Vatikan mengeluarkan pedoman bagaimana para Pastor menangani tuduhan pelecehan seksual (foto: ilustrasi).

Di bawah tekanan internasional guna mengatasi pelecehan seks terhadap anak di bawah umur, yang marak dilakukan pastor, Vatikan hari Kamis (16/7) mengeluarkan buku pedoman bagaimana seharusnya pastor Katolik Roma menangani tuduhan. Buku itu merupakan panduan yang paling jelas dan menyeluruh.

Dokumen setebal 20 halaman, yang dikeluarkan oleh Kongregasi Vatikan untuk Doktrin Agama (Congregation for the Doctrine of the Faith - CDF), mendorong pastor melaporkan pelecehan seks kepada pihak berwenang meskipun tidak diharuskan oleh hukum setempat.

Dokumen Vatikan sebelumnya memerintahkan pastor melaporkan pelecehan kepada pimpinan gereja dan memberi tahu pihak berwenang jika diminta berdasar hukum setempat.

Buku pegangan itu mendefinisi pelecehan seks dan menjabarkan apa yang harus dilakukan kalau ada tuduhan, cara melakukan investigasi awal dan peran CDF. Pedoman itu juga mengurai proses pidana dan prosedur banding bagi mereka yang dituduh.

Para uskup meminta panduan tentang cara menangani tuduhan pelecehan seks pada pertemuan puncak Vatikan pada Februari 2019. Buku itu dengan jelas menyatakan, tidak ada aturan baru, dan berfungsi sebagai kompilasi hukum untuk menyediakan proses yang standar untuk menghadapi dan menyelidiki tuduhan.[ka/ii]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG