Tautan-tautan Akses

AS

Utusan AS, Korsel Bahas Dimulainya Perundingan dengan Korut


Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim, berbicara kepada Perwakilan Khusus Korea Selatan untuk Urusan Perdamaian dan Keamanan Semenanjung Korea Noh Kyu-duk selama pertemuan bilateral mereka di sebuah hotel di Seoul Senin, 21 Juni 2021. (Foto: AP)

Utusan khusus AS untuk Korea Utara dijadwalkan bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan pada Senin (23/8), sementara kedua sekutu itu berusaha membujuk Pyongyang agar kembali berunding mengenai program senjata nuklir dan rudal balistik.

Sung Kim tiba di Seoul pada Sabtu (21/8) untuk kunjungan empat hari. Dia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Chung Eui-yong di kediaman menteri pada Minggu (22/8). Mereka membahas cara untuk dimulainya kembali proses perdamaian di Semenanjung Korea, kata pejabat kementrian luar negeri itu.

Senin (23/8), Kim akan bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan, Noh Kyu-duk, dan pada Selasa (24/8) dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov di Seoul.

Kunjungan itu dilakukan pasca ketegangan baru terkait latihan militer AS-Korea Selatan yang kata Korea Utara bisa memicu krisis keamanan.

Latihan sembilan hari itu dimulai pada 16 Agustus. Sejauh ini media milik pemerintah Korea Utara belum menanggapinya. Namun ada kekhawatiran negara itu bisa melakukan uji coba misil atau mengambil langkah lain untuk menunjukkan ketidaksetujuannya. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG