Tautan-tautan Akses

AS

Usulan Anggaran AS 2019 Termasuk Dana Tembok Perbatasan


Karyawan Kantor Penerbitan Pemerintah, Darlene Matthews, mengatur salinan Anggaran Pemerintah Tahun Fiskal 2019 yang diusulkan Presiden Donald Trump, di Washington, 12 Februari 2018.

Presiden Donald Trump mengusulkan anggaran belanja negara sebesar $4,4 triliun kepada Kongres, yang termasuk biaya membangun tembok perbatasan dengan Meksiko dan meningkatkan kekuatan militer. Tetapi usulan anggaran tersebut diperkirakan akan menimbulkan defisit federal lebih dari $1 triliun.

Ketika diumumkan Senin (12/2), para pejabat Gedung Putih mengakui tipis kemungkinan usulan anggaran tersebut akan lolos menjadi undang-undang. Hanya Kongres yang berwenang menetapkan anggaran pemerintah federal. Namun Gedung Putih menegaskan anggaran yang diusulkan itu mengirim pesan penting mengenai prioritas Presiden Trump.

Usul anggaran itu memuat pemangkasan besar terhadap program domestik seperti Medicare, Medicaid, dan Food Stamps. Namun masih juga tidak menyeimbangkan anggaran federal, sebagian karena berkurangnya pemasukan negara akibat pengurangan pajak tahun lalu.

Partai Demokrat umumnya menolak proposal itu. Ketua fraksi minoritas di DPR, Nancy Pelosi menyebut usul itu “kumpulan janji palsu dan pemangkasan luar biasa yang brutal.”

Dalam pertemuan tentang infrastruktur di Gedung Putih, Senin, Presiden Trump mengatakan ia berharap dapat mengeluarkan anggaran yang lebih besar untuk kebutuhan dalam negeri daripada luar negeri.[as]

XS
SM
MD
LG