Tautan-tautan Akses

Untuk Cegah Kecelakaan Jalan, Kuda Liar Ditawarkan Gratis di Australia


Kuda-kuda liar (brumby) berdiri di lapangan terbuka Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales, Australia, Minggu, 20 Mei 2018. (Perusahaan Penyiaran Australia via AP)
Kuda-kuda liar (brumby) berdiri di lapangan terbuka Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales, Australia, Minggu, 20 Mei 2018. (Perusahaan Penyiaran Australia via AP)

Dalam upaya menurunkan risiko kecelakaan jalan di sebuah kawasan yang sibuk di Gympie, Queensland, Australia, pihak berwenang setempat membagikan kuda liar ke masyarakat setempat secara gratis.

Populasi kuda liar meningkat secara signifikan di sebuah kawasan hutan di Gympie. Hewan yang oleh penduduk setempat disebut brumby ini kini banyak berkeliaran di kawasan-kawasan permukiman. Banyak aktivis lingkungan mengatakan, fenomena ini terjadi akibat terkikisnya habitat mereka.

Yang lebih memprihatinkan, hewan liar itu tak sungkan berlarian di jalan-jalan sehingga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Insiden kuda yang ditabrak mobil sering terdengar dan tak jarang menewaskan pengendara mobil dan, atau, penumpangnya.

Doktor Dave Breman adalah pakar kuda yang ikut memprihatinkan kondisi ini. Ia bersama timnya di Centre for Sustainable Agricultural Systems (CSAS) di University of Southern Queensland berusaha mencari solusinya. “Populasi mereka meningkat lebih cepat daripada jumlah yang direlokasi. Jadi, mereka ada di mana-mana. Mereka mulai kehabisan makanan dan ruang. Tak bisa dipungkiri, bahwa seseorang bisa tewas jika kuda-kuda itu berkeliaran di jalan-jalan yang sibuk,” jelasnya.

Dua kuda liar (brumby) di lapangan terbuka Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales, Australia, Minggu, 20 Mei 2018. (Perusahaan Penyiaran Australia via AP).
Dua kuda liar (brumby) di lapangan terbuka Taman Nasional Kosciuszko, New South Wales, Australia, Minggu, 20 Mei 2018. (Perusahaan Penyiaran Australia via AP).

Breman menyebutkan, relokasi adalah salah satu langkah yang diambil pihak berwenang setempat untuk menangkal ledakan populasi brumby.

Data yang dihimpunnya menunjukkan bahwa populasi brumby lokal saat ini sekitar 3.000 ekor. Dari jumlah itu pihak berwenang terpaksa harus merelokasi 300 ekor hewan tersebut setiap tahunnya.

Namun, relokasi ke tempat yang jauh dari Gympie bukanlah hal mudah. Pihak berwenang akhirnya meminta bantuan warga setempat untuk terlibat. Warga diminta untuk ikut menampung hewan liar itu.

Siapapun penduduk Gympie bisa mengajukan permintaan untuk memiliki kuda-kuda itu sepanjang mereka bersedia merawat. Kuda-kuda itu ditawarkan secara gratis dan bahkan telah dijinakkan terlebih dahulu dengan bantuan pelatih kuda.

Untuk Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Kuda Liar Ditawarkan Gratis di Australia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:01 0:00

Anna Uhrig adalah seorang penjinak kuda yang membantu usaha itu. Ia bertugas melatih kuda-kuda itu sehingga terbiasa hidup dengan manusia. “Siapa pun bisa mengambil kuda-kuda ini sepanjang mereka memiliki pekarangan yang memadai. Mereka akan diajari cara menjinakkan hewan liar itu sehingga akhirnya bisa dengan mudah dikontrol,” jelasnya.

Menjinakkan brumby bisa memakan waktu berbulan-bulan tetapi hasilnya sepadan dengan usahanya. “Ketika Anda menemukan kandang yang bagus untuk kuda dan Anda melihat wajah orang yang mengambilnya, Anda sepertinya mengubah hidup orang itu.”

Brumby bukanlah kuda yang agresif. Hewan liar itu sangat pasif, sulit marah, dan mudah didekati. Namun jangan pernah membuat hewan ini ketakutan. Saat takut, brumby bisa melompati pagar hingga setinggi 1,8 meter. [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG