Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tolak Permintaan Perundingan Kembali Brexit


Kendaraan melintas poster anti-Brexit yang dipasang dekat gedung Parlemen di London, 29 Januari 2019.

Pemimpin Uni Eropa menolak usaha Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk merundingkan kembali syarat-syarat keluarnya Inggris dari kelompok itu.

Parlemen Inggris, Selasa (29/1), menyetujui permintaan May kepada Uni Eropa untuk menyusun kembali pasal-pasal tentang perbatasan Inggris dengan Irlandia dalam perjanjian Brexit itu.

Tapi juru bicara Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dengan segera menolak perundingan ulang apapun. “Perjanjian keluarnya Inggris itu adalah cara terbaik dan satu-satunya jalan untuk keluarnya Inggris dari Uni Eropa,” kata juru bicara itu.

Majelis Rendah Inggris dua minggu lalu menolak rencana Brexit Theresa May itu, justru karena pasal-pasal tentang perbatasan dengan Irlandia tadi, yang dikenal dengan nama “backstop.”

Perjanjian itu akan memungkinkan Inggris tetap berada dalam kawasan pabean Uni Eropa, guna menjamin lancarnya lalui-lintas barang antara Irlandia, yang anggota Uni Eropa, dan Irlandia Utara, kawasan bagian Inggris.

Para penentang “backstop” mengatakan itu berarti Inggris akan tetap berada di bawah peraturan Uni Eropa, alasan utama mengapa mereka ingin supaya Inggris keluar dari kelompok itu. [ii]

XS
SM
MD
LG