Tautan-tautan Akses

Warga Gibraltar Hadapi Kesulitan Jika Brexit Tanpa Kesepakatan


Turis menyeberangi jembatan Windsor di wilayah Gibraltar yang dikuasai Inggris (foto: ilustrasi).
Turis menyeberangi jembatan Windsor di wilayah Gibraltar yang dikuasai Inggris (foto: ilustrasi).

Tidak banyak yang terpengaruh Brexit tanpa kesepakatan dengan Uni Eropa separah 34.000 penduduk Gibraltar dan komunitas Spanyol di sekitar koloni Inggris di Gibraltar yang menghadapi dampak dramatis jika Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan mengatur kepergian itu, yang akan berlaku 29 Maret.

Berdasarkan Perjanjian Brexit, Perdana Menteri Theresa May, yang ditolak parlemen Inggris bulan ini, akses tidak terbatas antara Spanyol dan Gibraltar yang saat ini dinikmati oleh ribuan wisatawan asing, Spanyol yang bergerak melintasi perbatasan setiap hari akan dijamin.

Tetapi menurut pejabat kementrian luar negeri Spanyol dalam skenario tanpa kesepakatan, perjanjian pergerakan bebas Uni Eropa tidak berlaku lagi. Ia mengatakan warga Gibraltar akan diperlakukan sebagai warga negara ketiga lainnya dan mendapat interogasi serta pemeriksaan perbatasan apa saja yang diputuskan akan diberlakukan Spanyol.

"Mereka sebelumnya berusaha menekan kami dan pasti akan berupaya lagi dengan Brexit," kata seorang pengemudi taksi Gibraltar mengingat lagi antrian lalu lintas selama tujuh jam di daerah sempit yang memisahkan Gibraltar dari Spanyol selama perselisihan yang terjadi antara 2012 dan 2014.

Salah seorang pejabat terkemuka Spanyol, mantan Menteri Luar Negeri Antonio Margallo, menyebut Brexit sebagai "peluang" bagi Spanyol untuk memulihkan Gibraltar dalam komentar setelah hasil referendum Brexit dirilis pada 2017.

Patroli agresif kapal perang kecil, AL Spanyol baru-baru ini di sekitar wilayah semenanjung itu yang mengumandangkan Marcha Real, lagu kebangsaan Spanyol mengingatkan para pengamat atas niat Madrid.

Delegasi khusus Uni Eropa menuju Spanyol agar otoritas Spanyol melonggarkan pembatasan di perbatasan selama perselisihan sebelumnya terkait dugaan pencucian uang dan penyelundupan, tetapi pasca Brexit tampaknya tidak ada upaya penyelamatan semacam itu dan persiapan sedang dilakukan untuk skenario terburuk.

Pemerintah setempat telah menyarankan warga Gibraltar untuk segera memperbarui paspor Inggris jika habis masa berlakunya dalam waktu enam bulan, mencari ijin mengemudi internasional khusus yang dikeluarkan secara lokal untuk pertama kalinya dan membeli asuransi perjalanan di tengah kekhawatiran mereka tidak akan lagi ditanggung oleh Dinas Kesehatan Nasional Inggris. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG