Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Sahkan Pedoman Brexit


PM Belgia Charles Michel berbicara kepada media saat tiba di KTT EU di Brussels hari Sabtu, 29 April 2017 (foto: AP Photo/Olivier Math's)

Ketua KTT Uni Eropa hari Sabtu menyampaikan Uni Eropa dengan suara bulat mengesahkan pedoman untuk merundingkan keluarnya Inggris dari blok tersebut

Uni Eropa dengan suara bulat mengesahkan pedoman untuk merundingkan keluarnya Inggris dari blok tersebut, demikian disampaikan ketua KTT itu, hari Sabtu.

"Pedoman disahkan dengan suara bulat. Mandat politik EU-27 yang tegas dan adil untuk perundingan Brexit sudah siap," ujar Donald Tusk, presiden Dewan Eropa, dalam akun Twitter-nya dari KTT di Brussels tempat para pemimpin Uni Eropa bertemu tanpa Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Keduapuluh tujuh pemimpin memilih menyetujui pedoman itu dalam waktu kurang dari 15 menit.

Pembicaraan dengan Inggris akan dimulai segera setelah pemilihan umum, 8 Juni. Pembicaraan akan berfokus pada isu-isu seperti kesejahteraan warga dan keluarga Uni Eropa yang tinggal di Inggris, serta pertanyaan tentang kewajiban Inggris membayar blok itu, karena Uni Eropa menegaskan, Inggris menanggung semua biaya akibat keluar dari blok itu, yang bisa mencapai 65 miliar dolar.

Biaya itu menjadi satu dari banyak poin perselisihan antara Inggris dan Uni Eropa. Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker hari Sabtu mengeluh bahwa Inggris kini menghalangi rencana anggaran jangka panjang Uni Eropa.

KTT yang relatif singkat itu diadakan tepat sebulan setelah May menyatakan memulai perundingan dua tahun Brexit setelah referendum 23 Juni 2016 memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa. [ka]

XS
SM
MD
LG