Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Luncurkan Rencana 1 Triliun Euro untuk 'Green Deal'


Presiden Komisi Eropa, Ursula Von der Leyen di Markas Besar Uni Eropa di Brussels, 8 Januari 2020. (Foto: dok).

Uni Eropa berencana mengalokasikan seperempat anggarannya untuk mengatasi perubahan iklim dan menyiapkan suatu skema untuk pergeseran alokasi dana investasi sebesar 1 triliun euro ($ 1,1 triliun dolar) sebagai upaya untuk menjadikan ekonomi yang lebih ramah lingkungan selama 10 tahun ke depan.

Rencana Investasi Eropa (Europe Investment Plan) itu, yang akan diluncurkan Selasa mendatang, akan didanai oleh anggaran Uni Eropa dan sektor swasta. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan gagasan Kesepakatan Hijau (Green Deal) Presiden Komisi Eropa, Ursula Von der Leyen untuk menjadikan benua Eropa sebagai blok netral karbon pertama di dunia selambatnya pada tahun 2050.

Rencana investasi itu akan mencakup mekanisme yang dirancang untuk membantu daerah-daerah yang paling terkena dampak akibat peralihan ke industri yang lebih bersih, meskipun semua negara anggota Uni Eropa berhak atas subsidi.

Von der Leyen, yang menjabat Desember 2019, menjadikan upaya memerangi perubahan iklim sebagai prioritas mandatnya. [mg/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG