Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Buka Dua Penyelidikan Anti-Monopoli Apple


Seorang karyawan menunjukkan ponsel iPhones X di sebuah Apple Store di Regents Street, London, Inggris, 3 November 2017.

Pihak berwenang di Uni Eropa, Selasa (16/6), memulai dua penyelidikan terhadap aplikasi seluler dan sekaligus platform pembayaran Apple karena kekhawatiran terhadap praktik-praktik yang mendistorsi kompetisi.

Langkah ini membuka pertarungan baru Uni Eropa melawan dominasi perusahaan teknologi besar itu.

Komisi Eksekutif Uni Eropa mengatakan telah secara resmi meluncurkan penyelidikan terhadap kekhawatiran bahwa cara Apple berbisnis, yaitu dengan membatasi pilihan dan inovasi, serta menetapkan harga yang tinggi, telah merugikan para konsumen. Apple menyangkal tuduhan itu sebagai hal yang “tidak berdasar.”

Komisi ini sedang mengkaji apakah aturan Apple Pay mengharuskan toko-toko online untuk menjadikan bentuk pembayaran itu sebagai suatu pilihan yang lebih disukai atau opsi standar, dan akan secara efektif menutup sistem pembayaran saingannya.

Komisi itu juga menyelidiki keprihatinan bahwa Apple membatasi akses bagi sistem pembayaran saingannya menjadi fungsi “tap and go” pada fungsi jaringan nirkabel di iPhone.

Komisi itu memulai penyelidikan kedua pada App Store atas keprihatinan bahwa Apple memaksa para pengembang untuk menggunakan sistem pembelian aplikasi milik perusahaan itu sendiri. Sistem pembelian itu mengenakan komisi 30 persen dan membatasi pengembang untuk memberitahu para pengguna iPhone dan iPad tentang cara lain guna membayar layanan digital, seperti langganan musik.

Penyelidikan itu menjawab keluhan dari layanan streaming musik Spotify dan distributor e-book tentang dampak aturan App Store itu pada kompetisi antar perusahaan.

“Tampaknya Apple menetapkan peran “gatekeeper” terhadap distribusi aplikasi dan konten pada piranti Apple yang terkenal,” ujar Wakil Presiden Eksekutif Uni Eropa Margrethe Vestager.

Pihak regulator ingin memastikan agar praktik-praktik Apple ini tidak menimbulkan dampak pada kompetisi di pasar, di mana Apple berkompetisi dengan pembuat aplikasi lain, ujarnya, merujuk pada layanan streaming musik dan layanan e-book. (em/ft]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG