Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Berselisih soal Proposal Pemulihan Ekonomi Pandemi


Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen berbicara di Brussels, Belgia.
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen berbicara di Brussels, Belgia.

Birokrat Eropa mengakui mereka lega karena Inggris keluar dari Uni Eropa. Jika masih menjadi anggota, mereka akan menghadapi prospek yang lebih sulit untuk membujuk blok yang berselisih itu menyetujui rencana pemulihan ekonomi pandemi yang ambisius secara politik untuk memperbaiki ekonomi yang lesu.

Bahkan tanpa Inggris, proposal hibah dan pinjaman $ 850 miliar akan ditentang kuat oleh beberapa negara Eropa utara dan tengah.

Uni Eropa sedang menuju perselsihan lain, yang mungkin akan membuat blok itu menuju persatuan politik dan fiskal yang lebih dekat, tetapi berisiko menimbulkan reaksi populis baru yang mengganggu seperti yang timbul akibat krisis migrasi tahun 2015.

Jacques Delors, mantan presiden Komisi Eropa, memperingatkan kurangnya solidaritas Uni Eropa menimbulkan "bahaya besar bagi Uni Eropa."

Uni Eropa telah mengalami krisis sebelumnya - mulai dari dana talangan zona euro setelah krisis keuangan global tahun 2008 hingga krisis migrasi dan Brexit, tetapi beberapa orang khawatir virus corona bisa lebih destruktif karena membuat perselisihan antar tetangga.[ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG