Tautan-tautan Akses

Uni Eropa akan Tambah Bantuan bagi Insiden Kapal Imigran di Italia


Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengumumkan tambahan dana bagi krisis pengungsi di Lampedusa, Italia (foto: dok).
Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengumumkan tambahan dana bagi krisis pengungsi di Lampedusa, Italia (foto: dok).

Uni Eropa akan memberikan tambahan dana 40 juta dolar kepada Italia untuk menangani krisis tenggelamnya kapal imigran Afrika di lepas pantai Pulau Lampedusa.

Uni Eropa berjanji memberikan tambahan dana 40 juta dolar kepada Italia untuk menangani krisis pengungsi, setelah tenggelamnya perahu migran pekan lalu yang menewaskan 275 orang.

Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barroso mengumumkan tambahan dana itu hari Rabu (9/10) ketika mengunjungi Pulau Lampedusa.

Para penyelam terus berusaha mencari mayat dari dalam perahu yang membawa sampai 500 migran dari Afrika, yang tenggelam di lepas pantai pulau itu. Hanya 155 penumpang perahu yang berhasil diselamatkan.

Sekelompok kecil aktivis mengganggu Barroso setibanya di Lampedusa. Penduduk pulau itu sejak lama mengeluh karena tidak mendapat bantuan untuk menangani ribuan migran yang mendarat di Lampedusa setiap tahun.

Lampedusa terletak lebih dekat ke Afrika daripada ke daratan Italia, sehingga menjadi tujuan bagi migran Afrika yang ingin memperoleh hidup baru di Eropa.

Recommended

XS
SM
MD
LG