Tautan-tautan Akses

Bagi kebanyakan orang, seekor ular saja sudah cukup membuat takut dan ngeri, tapi rupanya ada ular-ular besar yang melakukan perburuan mangsanya secara berkelompok.

Para periset dari universitas Tennessee di Knoxville mengatakan ular boa yang terdapat di Kuba, yang disebut sebagai “ular predator terbesar” di pulau itu, mengkoordinasikan usaha mereka untuk berburu kelelawar yang hidup di gua-gua.

Vladimir Dinets, pemimpin studi itu mengatakan, ular-ular boa yang panjangnya bisa mencapai hampir empat meter dan beratnya sekitar 27 kg itu secara beramai-ramai bergelantungan di mulut gua dimana banyak kelelawar tinggal. Ketika kelelawar itu terbang keluar atau masuk gua, ular-ular besar itu dengan mudah menangkap mangsanya.

Kata Dinets, ular-ular besar itu menyusun posisi mereka bersama di mulut gua sehingga kelelawar yang sial tidak akan lepas dari santapan mereka. Tapi

tambah Dinets lagi, ular jenis boa ini tidak banyak lagi terdapat di Kuba, dan diperkirakan jumlah mereka hanya 3650 ekor saja.

Banyak warga Kuba menangkap ular-ular yang tidak berbisa itu untuk dijadikan makanan atau dijual sebagai binatang piaraan. [ii]

XS
SM
MD
LG