Tautan-tautan Akses

Ukraina Selidiki Mantan Jaksa Penuntut terkait Skandal Trump


Yuriy Lutsenko, mantan jaksa penuntut Ukraina (foto: dok).

Ukraina hari Selasa membuka penyelidikan tentang kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan oleh Yuriy Lutsenko, mantan jaksa penuntut yang disebut sebagai seorang tokoh dalam keluhan whistleblower (pelapor rahasia) terhadap Presiden AS Donald Trump.

Lutsenko, yang dipecat dari jabatannya Agustus lalu, diduga "terlibat dengan bisnis perjudian ilegal," kata juru bicara Biro Investigasi Negara Ukraina, Anzhelika Ivanova kepada kantor berita AFP.

Penyelidikan dilakukan atas permintaan para anggota parlemen Ukraina, katanya, tanpa menguraikan tuduhan secara lebih rinci.

Kantor berita Ukraina, Interfax melaporkan, penyelidikan dimulai setelah pernyataan yang diberikan oleh David Arakhamia, seorang anggota parlemen senior dalam partai Presiden Volodymyr Zelensky.

Pernyataan itu belum dipublikasikan, tetapi Lutsenko yang kini berada di London, membantah tuduhan itu.

"Ada orang yang punya imajinasi hebat untuk menuduh saya seperti yang dikatakan Tuan Arakhamia," kata Lutsenko di halaman Facebook-nya.

Pekan lalu Lutsenko menulis bahwa tuduhan penyalahgunaan kekuasaan terhadapnya, yang dibuat oleh seorang pejabat layanan keamanan adalah "manipulatif dan tidak benar".

Sementara itu pengaduan pelapor AS yang diterbitkan minggu lalu mengklaim, Trump mencoba mendorong kepentingan pribadinya dengan menelpon Presiden Zelensky bulan Juli, di mana ia memuji Lutsenko sebagai jaksa penuntut yang baik dan menyarankan agar ia tetap dipertahankan. (ps/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG