Tautan-tautan Akses

Ukraina, Rusia, Perancis, Jerman Perpanjang Pembicaraan Perdamaian


Presiden Perancis menggambarkan pertemuan puncak Minsk itu sebagai “salah satu kesempatan terakhir” untuk mencapai perdamaian di Ukraina timur yang dilanda pemberontakan.

Para pemimpin Ukraina, Rusia, Perancis dan Jerman telah memperpanjang pembicaraan maraton yang bertujuan mencapai persetujuan gencatan senjata di Ukraina hingga Kamis pagi (12/2) tanpa ada tanda tercapainya terobosan.

Pertemuan puncak di ibukota Belarus, Minsk, itu dengan terburu-buru disiapkan pekan lalu, setelah Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande membawa langsung gagasan perdamaian kepada Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Presiden Perancis, yang berbicara Minggu, menggambarkan pertemuan puncak Minsk itu sebagai “salah satu kesempatan terakhir” untuk mencapai perdamaian di Ukraina timur yang dilanda pemberontakan itu, di mana separatis pro-Rusia telah bertempur melawan pasukan Ukraina selama 10 bulan ini. Paling sedikit 5.400 orang telah tewas dalam pertempuran itu, dan ribuan lainnya luka-luka.

Pertemuan puncak itu diadakan sementara pertempuran sengit terjadi di Ukraina timur yang berbahasa Rusia, yang digambarkan oleh para saksi sebagai salah satu pertempuran yang termasuk paling sengit dan menjatuhkan paling banyak korban jiwa yang pernah terjadi dalam konflik itu.

XS
SM
MD
LG