Tautan-tautan Akses

Ukraina Optimis akan Ada Dukungan Luas bagi Keanggotaannya di Uni Eropa


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (foto: dok).
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (foto: dok).

Seorang pejabat Ukraina yang memimpin prakarsa negara itu untuk bergabung dengan Uni Eropa Rabu mengatakan, dia 100% pasti semua negara anggota blok itu, 27 negara, akan menyetujui pencalonan Ukraina dan menjadikan negara itu kandidat Uni Eropa pada sebuah KTT minggu ini.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan optimisme serupa, dan menyebutnya sebagai sebuah momen penting untuk Ukraina. Permohnan keanggotaan Ukraina itu merupakan isu utama dalam pertemuan para pemimpin Uni Eropa di Brussels.

Dalam wawancara dengan Associated Press, Deputi PM untuk Integrasi Eropa dan Euro-Atlantik Olha Stefanishyna mengatakan, keputusan itu bisa datang sedini Kamis, ketika KTT ini dimulai.

Kata Stefanihyna, Belanda, Swedia, dan Denmark pada masa lalu skeptis untuk mulai pembicaraan ini sementara Ukraina masih bertempur melawan invasi Rusia, tetapi kini mereka mendukung.

Ketika ditanya seberapa yakin dirinya bahwa Ukraina akan diterima sebagai kandidat Uni Eropa, dia mengatakan, “Sehari sebelum KTT dimulai, saya bisa katakan 100%.”

Badan eksekutif Uni Eropa merangkul pencalonan Ukraina minggu lalu. Stefanishyna menggambarkan dukungan Komisi Eropa sebagai pengubah keadaan dan membuat negara yang paling ragu-ragu sekalipun kini mendukung.

Status sebagai kandidat Uni Eropa, yang hanya bisa diberikan kalau negara-negara anggotanya secara bulat menyetujuinya, merupakan langkah pertama menuju ke keanggotaan penuh. Status ini tidak menyediakan jaminan keamanan atau hak otomatis untuk bergabung dengan blok itu. [jm/lt]

XS
SM
MD
LG