Tautan-tautan Akses

Kanselir Jerman: G-7 akan Dukung Ukraina 'Selama Mungkin'


Kanselir Jerman Olaf Scholz, kiri, berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Ludovic Marin via AP)
Kanselir Jerman Olaf Scholz, kiri, berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Ludovic Marin via AP)

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan kelompok negara demokrasi terdepan, G7, akan memastikan dalam KTT mendatang bahwa kelompoknya akan mendukung Ukraina "selama mungkin."

Dalam wawancara dengan kantor berita dpa Jerman yang diterbitkan pada Sabtu (18/6), Scholz mengatakan ia ingin menggunakan pertemuan pekan depan dengan para pemimpin G-7 di Desa Elmau, negara bagian Bavaria untuk membahas prospek jangka panjang Ukraina.

"Kami akan terus mendukung Ukraina selama mungkin," kata Scholz. "Kami ingin memastikan bahwa kalkulasi Presiden Rusia Vladimir Putin tidak tepat."

"Putin jelas berharap bahwa semuanya akan berjalan sesuai harapannya setelah ia menguasai cukup wilayah dan masyarakat internasional akan kembali seperti biasa," tambahnya. "Itu adalah sebuah ilusi."

Scholz mengatakan ia dan mitra-mitranya dari Prancis, Italia dan Romania telah membahas kelanjutan pasokan senjata untuk Ukraina - terutama amunisi dan srtileri - dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam kunjungan mereka ke Kyiv pada Kamis (16/6).

Keempat pemimpin itu juga mendukung upaya Ukraina agar masuk sebagai anggota Uni Eropa. Scholz mengatakan ia berharap semua negara anggota blok itu akan mendukung upaya itu dalam sebuah pertemuan di Brussels pekan depan. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG