Tautan-tautan Akses

Ukraina Laporkan Kematian 24 Anak Lagi di Mariupol


Anak yatim Ukraina menunggu penerbangan ke Inggris di bandara Chopin, di Warsawa, Polandia, 23 Maret 2022. (Foto: AP)
Anak yatim Ukraina menunggu penerbangan ke Inggris di bandara Chopin, di Warsawa, Polandia, 23 Maret 2022. (Foto: AP)

Kantor Jaksa Agung Ukraina mengatakan pada Sabtu (11/6) bahwa mereka mengetahui adanya kematian 24 anak lagi di Mariupol, pelabuhan tenggara yang dikepung selama berminggu-minggu sebelum pasukan Rusia berhasil merebutnya pada pertengahan Mei.

Secara total, kantor tersebut mengatakan, bahwa setidaknya 287 anak telah tewas sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, sedangkan lebih dari 492 anak telah terluka.

"Selama pencatatan tindak pidana, diketahui bahwa 24 anak lagi tewas di Mariupol, wilayah Donetsk, akibat penembakan membabi buta oleh militer Rusia," kata kantor tersebut di aplikasi pesan Telegram.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Wali kota Mariupol – kota yang hancur akibat pengepungan Moskow- mengatakan wabah kolera terjadi di kota itu karena sistem sanitasi rusak dan banyak mayat yang membusuk di jalan-jalan.

Rusia telah membantah pihaknya menargetkan warga sipil dan telah menolak tuduhan kejahatan perang dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus" yang ditujukan untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Kyiv dan sekutunya mengatakan Ukraina diserbu tanpa adanya provokasi.

Awal Juni, PBB mengatakan bahwa lebih dari 250 anak telah tewas sejak perang dimulai dan lima juta lainnya masih berisiko mengalami kekerasan dan pelecehan. [ah]

XS
SM
MD
LG