Tautan-tautan Akses

Pasukan Terakhir Ukraina di Mariupol


Seorang prajurit Resimen Pasukan Khusus Azovstal, terluka selama pertempuran melawan pasukan Rusia. (Foto: via AP)
Seorang prajurit Resimen Pasukan Khusus Azovstal, terluka selama pertempuran melawan pasukan Rusia. (Foto: via AP)

Pasukan Ukraina yang bertekad untuk mempertahankan pabrik baja sampai titik darah terakhir di Mariupol terhadap serangan pasukan Rusia terdiri dari beragam orang. Mereka berasal dari tentara yang berpengalaman perang, pejabat perbatasan, sebuah resimen pengawal nasional yang kontroversial, dan relawan yang mengangkat senjata dalam minggu-minggu sebelum terjadi invasi oleh Rusia.

Sementara Rusia mengumumkan sudah mengambilalih Mariupol dengan penyerahan diri pasukan Ukraina yang berperan sebagai pertahanan terakhir, Kyiv masih belum mengkonfirmasi kejatuhan kota itu.

Sebelumnya, pejabat Ukraina mengatakan pasukan tempur di pabrik baja Azovstal telah menyelesaikan misi mereka dan sedang dievakuasi, serta menggambarkan mereka sebagai pahlawan yang telah memenuhi sebuah tugas yang berat.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan total 2.439 pasukan Ukraina dari pabrik baja tersebut telah menyerahkan diri sejak Senin, termasuk lebih dari 500 orang lainnya pada hari Jumat, menurut kantor berita negara Rusia RIA Novosti.

Tentara yang bertahan di Azovstal, selama hampir tiga bulan pengepungan Mariupol dengan warga sipil Ukraina yang menyelamatkan diri di bunker dan terowongan bawah tanah pabrik, berasal dari berbagai unit militer, menurut pejabat Ukraina. [jm/fw/ah]

XS
SM
MD
LG