Tautan-tautan Akses

Uji Coba Rudal Korut Dikecam Jepang dan Korsel


Unit rudal Patriot PAC-3 ditempatkan di Kementrian Pertahanan di Tokyo, Jepang sebagai bentuk kesiagaan atas uji coba peluncuran rudal Korea Utara hari Sabtu, 29 April 2017 (foto: AP Photo/Koji Sasahara)

Rudal yang diluncurkan Korea Utara hari Minggu memiliki jalur balistik yang sangat tinggi yang sekaligus mengisyaratkan bahwa kemungkinan roket tersebut merupakan jenis baru berjarak menengah.

Korea Utara meluncurkan sebuah rudal hari Minggu dengan jalur balistik sangat tinggi yang mengisyaratkan bahwa itu mungkin merupakan roket berjarak menengah jenis baru yang mampu melesat sejauh 4.500 kilometer.

Jepang dan Korea Selatan langsung mengecam aksi Korut sebagai ancaman serius bagi kawasan itu dan merupakan pelanggaran resolusi PBB mengenai program senjata Korut.

Dari Tokyo, Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada mengatakan rudal itu ditembakkan dengan orbit bersudut tinggi yang mencapai ketinggian lebih dari 2.000 kilometer. Dia menambahkan rudal itu melesat selama 30 menit, sejauh 700 kilometer, dan jatuh di Laut Jepang, sekitar 400 kilometer dari pantai timur Korut. [vm]

XS
SM
MD
LG