Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Desak Trump Tak Kobarkan Perang Tarif


Pemimpin Uni Eropa Donald Tusk (kiri), Kaisar Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump berbicara di sela KTT G20 di Hamburg, Jerman 8 Juli tahun lalu.
Pemimpin Uni Eropa Donald Tusk (kiri), Kaisar Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump berbicara di sela KTT G20 di Hamburg, Jerman 8 Juli tahun lalu.

Pemimpin Uni Eropa Donald Tusk telah meminta Presiden AS Donald Trump untuk mempertahankan hubungan trans-Atlantik yang telah berlangsung lama yang semakin tegang sejak Trump mengumumkan tarif perdagangan yang tinggi pada baja dan aluminium impor.

"Alih-alih mempertaruhkan perang dagang, yang sepertinya ingin dia kobarkan, kita harus mengupayakan kerja sama yang lebih baik," kata Tusk pada sebuah konferensi pers di Helsinki, Finlandia.

Baca juga: Uni Eropa Tak Gentar Hadapi Ancaman Trump dalam Perdagangan

Namun, Trump terus menentang protes dari luar negeri dan di dalam Partai Republik sendiri, dengan cuitan pada hari Rabu, "Kita tidak dapat menutup mata terhadap praktik perdagangan tidak adil yang merajalela terhadap negara kita!"

Trump bersikeras bahwa tarif itu perlu untuk melindungi keamanan A.S., namun menurut Komisioner Perdagangan Uni Eropa Cecilia Malmstrom, pernyataan Trump hanyalah tipuan.

"Kami menduga bahwa langkah A.S. secara efektif tidak didasarkan pada pertimbangan keamanan nasional namun tindakan melindungi ekonomi domestik secara terselubung," kata Malmstrom.

Malmstrom mengatakan kepada parlemen Uni Eropa bahwa blok 28 negara tersebut akan menyusun tindakan balasan yang menyasar barang-barang A.S., seraya terus mengupayakan pengecualian dari tarif Trump yang dapat diberlakukan minggu depan. [as]

Recommended

XS
SM
MD
LG